Digitai Marketing

Media Online Aggregator Indonesia

Samsung Galaxy A23 5G hadir resmi di Indonesia pada September 2022. Smartphone ini hadir dengan spesifikasi kamera, layar, chipset dan baterai yang sesuai kebutuhan pengguna. Smartphone ini juga melengkapi seri A 5G yang sudah hadir lebih dulu di Indonesia pada 2022, yakni Samsung Galaxy A33 5G, Galaxy A53 5G, dan Galaxy A73 5G.

Dalam seri ini, Samsung masih mengandalkan sektor kamera sebagai daya tarik. Maka, dalam HP ini Samsung menggunakan kamera utama 50 MP ditemani 3 buah kamera pendamping yang diklaim mampu menghasilkan foto dan video yang jelas dan tajam.

Untuk dapur pacu, Samsung juga sudah menggunakan chipset yang mendukung kemampuan 5G. Ponsel pun dapat digunakan lebih lancar baik untuk performa dan komunikasinya.

Lalu apa saja beberapa catatan yang mesti Anda perhatikan pada si ponsel? Apakah HP ini hanya mengandalkan kamera dan fitur 5G saja untuk menguasai pasar Android kelas menengah saat ini? Simak tabel kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy A23 5G berikut ini.

Kelebihan Kekurangan
Desain Bodi Khas Galaxy Series yang Elegan
Layar FHD+ dengan Refresh Rate 120Hz
One UI yang Beri Pengalaman Menarik
Performa Oke dengan Snapdragon 695 5G
Kamera dengan Hasil Foto yang Cukup
Kemampuan Baterai yang Awet
Sensor Fingerprint yang Agak Menyulitkan
Kualitas Hasil Video Biasa Saja
Tanpa Stereo Speaker
Tidak Ada Fitur Anti Air

Untuk lebih detail soal kelebihan dan kekurangan Samsung Galaxy A23 5G, bisa simak penjelasan lebih detailnya berikut ini.

Spesifikasi Samsung Galaxy A23 5G

Layar PLS LCD 6.6 inci
Chipset Qualcomm Snapdragon 695
RAM 6 GB
Memori Internal 128 GB
Kamera
50 MP
(wide)


5 MP
(ultrawide)


2 MP
(macro)


2 MP
(depth)
Baterai Li-Po 5000 mAh
Kelebihan Baca di sini

Kelebihan Samsung Galaxy A23 5G

Ada enam poin kelebihan yang kami temukan pada Samsung Galaxy A23 5G. Enam poin itu  merupakan kekuatan utama dari ponsel mid-range  ini. Apa saja itu? Berikut penjabarannya.

1. Desain Bodi Khas Galaxy Series yang Elegan

samsung A23 5G desain

Samsung masih mempertahankan desain khas seri Galaxy A dalam ponsel ini. Tidak heran, kalau diperhatikan secara seksama, Galaxy A23 5G mirip dengan Galaxy A33 5G dan Galaxy A53 5G. Desain bodinya nampak minimalis dan elegan meski dipasarkan di harga terjangkau.

Dalam seri A23 5G masih menggunakan bahan plastik polikarbonat dengan finishing glossy. Ini membuat bodi belakang mudah terkena bekas sidik jari dan sedikit licin. Walaupun demikian, berkat desain bodi samping yang sedikit melengkung, ponsel Samsung ini nyaman digenggam dengan erat.

Untuk bagian depan, Samsung sayangnya masih menggunakan model kamera depan tipe lama yakni model V-Shaped. Walaupun demikian, bagian depan HP ini terasa luas karena tepian layar yang dihadirkan tidaklah terlalu tebal.

Kenyamanan HP ini untuk penggunaan harian juga didukung dimensi yang pas, yakini berukuran 165,4 x 76,9 x 8,4 mm dengan berat 195 gram. Dimensinya cukup ideal untuk penggunaan harian meski terasa berat. 

Menurut saya, HP ini lebih nyaman digunakan memakai pelindung bodi. Pasalnya, bodi dan rangka plastik yang digunakan memang tidak terlalu kokoh dan mudah licin saat tangan berkeringat.

Keunggulan HP 3 jutaan ini juga ada di bagian sensor sidik jari. Samsung kini menempatkan sensor sidik jari menyatu bersama tombol power di sisi samping. Penempatan tombol power ini sangat pas sehingga membuat Anda bisa membuka dan mengunci HP dengan cepat dan mudah.

2. Layar FHD+ 120 Hz

samsung A23 5G Layar

Layar Samsung Galaxy A23 5G hadir dengan ukuran 6,6 inci. Layar dengan paneI IPS ini kian nyaman digunakan karena sudah menggunakan resolusi layar Full HD+ 1080 x 2408 piksel. 

Selain itu, Samsung juga sudah menambahkan kecerahan layar 500 nits.  Layar ini juga sudah dibekali anti gores Corning Gorilla Glass 5. Layar pun akan lebih kuat dan tahan dari goresan.

Oh iya, layar Samsung Galaxy A23 5G mendukung refresh rate 120 Hz dan touch sampling rate 240 Hz. Maka dari itu, layarnya pun bisa menampilkan tampilan pun mulus serta responsif. 

Gabungan layar yang luas dengan teknologi diatas membuat HP ini nyaman digunakan untuk bermain game hingga menonton video. Apalagi HP ini juga memiliki sudut pandang layar yang cukup lebar sehingga pengalaman visual kian menyenangkan.

Layar HP Samsung ini juga sudah mendukung sertifikasi Widevine L1 sehingga Anda bisa menonton film streaming dengan kualitas HD yang tajam.

3. One UI yang Beri Pengalaman Menarik

samsung A23 5G ONE UI

Samsung menghadirkan ubahan yang cukup banyak pada seri Galaxy A23 5G termasuk dalam sektor sistem operasi. Bahkan untuk sistem operasi, ponsel ini sudah menggunakan One UI versi 4.1. Sistem yang berbasis Android 12 ini memiliki sejumlah fitur untuk memudahkan pengguna dalam beraktivitas.  

Dalam One UI ini kamu bisa menginstal dual aplikasi seperti whatsapp, bisa mengedit tampilan sesuai warna wallpaper hingga adanya fitur diagnosa hardware.

Samsung sendiri menjanjikan akan terus menghadirkan update agar sistem operasi di HP ini optimal.

4. Performa Oke dengan Snapdragon 695 5G

samsung galaxy a23 5g

Karena menghadirkan fitur 5G, Samsung pun menggunakan chipset baru yang berbeda dengan A23 versi 4G. Kali ini Samsung menggunakan Snapdragon 695 5G. 

Chipset Snapdragon 695 5G menjadi salah satu chipset kelas menengah yang dimiliki oleh Qualcomm. Chipset fabrikasi 6 nm ini memiliki konfigurasi octa-core yang terdiri dari 2 core Kyro 660 Gold 2,2 Ghz dan 6 core Kyro 660 Silver 1.7 Ghz. 

Chipset ini dapat optimal bekerja berkat dukungan GPU Adreno 619, memori penyimpanan UFS 3.1 64 atau 128 GB dan memori RAM 4, 6 atau 8 GB LPDDR4X. 

Kini saatnya membahas performa si ponsel, dimulai dari beberapa uji benchmark sintetis. Kami pun merujuk data yang ada di Giznext.com

Pada AnTuTu 9, Samsung A23 5G mencetak skor 245.398. Skor tersebut memang tidak tinggi untuk kelas HP mid-range. Walaupun demikian, HP ini sudah cukup nyaman untuk digunakan multitasking maupun main game.


———————————-

”Artikel ini bersumber sekaligus hak milik dari website carisinyal.com. Situs ini adalah media online yang mengumpulkan informasi dari berbagai sumber terpercaya dan menyajikannya dalam satu portal berita online (website aggregator berita).”